Media Video YUBESI Terhadap Pengetahuan Teknik Menyusui pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Sambirejo di Kabupaten Rejang Lebong

Prameisti Regita Putri, Lydia Febrina, Derison Marsinova Bakara, Yenni Puspita, Meigo Anugrah Jaya

Abstract


Masalah menyusui ibu nifas yang sering terjadi ialah putting susu lecet karena kurangnya pengetahuan ibu. Capaian ASI Eksklusif di indonesia tahun 2021 (56,9%) capaian ini belum mencapai target ASI Eksklusif secara nasional. Kegagalan menyusui dan rendahnya pemberian ASI Eksklusif disebabkan kurangnya pengetahuan ibu nifas tentang teknik menyusui seperti posisi dan perlekatan saat menyusui.. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media video terhadap pengetahuan teknik menyusui pada ibu nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Sambirejo. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain pre eksperimen one grup pretest dan posttest, populasi penelitian ini 35 orang teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel menjadi 23 ibu nifas di wilayah kerja puskesmas sambirejo. Uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon didapatkan p value (0,000) < α (0,05) sehingga ini menunjukan ada pengaruh media video YUBESI terhadap pengetahuan teknik menyusui pada ibu nifas. Diharapkan penelitian dan video ini dapat menambah pengetahuan ibu nifas dan dapat mengaplikasikan teknik menyusui dengan benar.


Keywords


Teknik Menyusui, Media Video, Pengetahuan, Ibu Nifas

Full Text:

PDF

References


Andini, I. F., Susanti, E., & Puspita, Y. (n.d.). Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Optimalisasi Breastfeeding Self- Efficasy Di PMB Kabupaten Rejang Lebong The Effect Of Baby Massage On The Optimization Of Breastfeeding Self- Efficasy In PMB Rejang Lebong. 6(1), 8–16.

Anggraeni, L, D. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Dengan Teknik Pemberian ASI Secara Eksklusif. Jurnal Education and Development, 11.

Astutik, Y, R. (2019). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Dan Menyusui. Cv Trans Info Media.

Batjo, D. (2021). Teknik Menyusui Melalui Video Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, XVI.

Fadyllah,M,I dan Prasetyo, Y. . (2021). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Merawat Anak Dengan Stunting. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 16.

Hrp, D, A, P, P. dan R. (2023). Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Teknik Menyusui Di Praktik Bidan Mona Kota Padangsidimpuan Tahun 2022. Aksen Jurnal, 03.

Jatmika, D. (2019). Buku Ajar Media Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Penerbit K-Media.

Mauluddina, F dan Anggeni, U. (2021). Penyuluhan Dan Konseling Tentang Teknik Menyusui Yang Benar. Commmunnity Development Journal, 2.

Munayarokh, D. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tablet Fe. Juru Rawat Jurnal Update Keperawatan, 2.

Nurfauziah, A dan Harahap, H, T. (2022). Gambaran Pengetahuan Ibu Menyusui Yang Tidak Memberikan ASI Eksklusif di Puskesmas Perlayuan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Gentle Birth, 5.

Nurkhofifah, R dan Hindiarti, Y, I. (2021). Hubungan Pendidikan Kesehatan Melalui Video Berbasis Android Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Teknik Menyusui Yang Benar Di Wilayah Kerja Puskesmas Cigayam. Journal Of Midwifery and Public Health, 03.

Ramli, R. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Kelurahan Sidotopo. Jurnal Promkes, 8.

Shopia, D. (2022). Prmosi Kesehatan Melalui Media Video Dalam Mengubah Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur Tentang Inspeksi Visual Asam Asetat Test. Jurnal IMJ Indonesia Midwifery Journal, 6.

Simamora, D. (2022). Hubungan Teknik Menyusui Yang Benar Dengan Kejadian Puting Susu Lecet Di Desa Paku Kec. Galang Tahun 2021. Journal of Health and Medical Science, 1.

Wati, L dan Indriani, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Terhadap Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Teknik Menyusui Yang Benar Di Praktek Mandiri (PMB) Nurhaida Kota Padang. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i1.886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id