Efektivitas Aplikasi Mobile JKN di Kecamatan Alam Barajo

Ilmi Kartika Ulfa, Rizalia Wardiah, Arnild Augina Mekarisce

Abstract


Salah satu inovasi yang dilakukan BPJS yaitu dengan diciptakan Aplikasi Mobile JKN sebagai wujud upaya BPJS untuk meningkatkan pelayanannya. Penggunaan Aplikasi Mobile JKN tertinggi di Provinsi Jambi yaitu Kota Jambi hampir mencapai angka 80.000 (76.272 Orang) atau 12% dari jumlah peserta JKN.  Pada angka tersebut masih cukup jauh antara peserta JKN sdengan total 97,7%  Tujuan penelitian  ini yaitu untuk mengetahui keefektivan Aplikasi Mobile JKN di Kota Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi kasus menggunakan teknik statistik kuantitatif. Sampel penelitian ini ialah sebagian dari jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Kecamatan Alam Barajo sebanyak 106 sampel dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Analisis data menggunakan Microsoft Excel dan rumus efektivitas. Dari hasil analisis tersebut didapat bahwa Kualitas Sistem (System Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 74,15%. Kualitas Informasi (Information Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 73,92%.  Kualitas Layanan (Service Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,11%. Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,20%. Manfaat Bersih (Net Benefit) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 72,07%. Efektivitas Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,51%. Aplikasi Mobile JKN dianggap sudah efektif dengan nilai presentase diatas 60% yaitu 68,51%.


Keywords


Aplikasi Mobile JKN, BPJS, Efektivitas, JKN

Full Text:

PDF

References


Arie, Purwanti. 2007. “Rancangan Dan Impelementasi Model Pemeriksaan Kinerja Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Atas Aplikasi E-Goverment Di Pemerintah Daerah: Studi Kasus Kabupaten Sragen.”

Aryani, Ketut, Muh. Idris, And Ripa Fajarina Laming. 2020. “Analisis Efektivitas Perputaran Piutang Dalam Meningkatkan Laba Pada Koperasi Simpan Pinjam Berkat Makassar.” Economic Bosowa Journal 6(005):13–24.

Kusumaningrum, Andita, And Muhammad Azinar. 2018. “Kepesertaan Masyarakat Dalam Jaminan Kesehatan Nasional Secara Mandiri.” Higeia Journal 2(1):149–60.

Mclean, William H. Delone And Ephraim R., And William. 2003. “The Delone And Mclean Model Of Information Systems Success: A Ten-Year Update.” 19:442–56. Doi: 10.1016/0012-1606(78)90250-6.

Mesiono. 2018. Efektivitas Manajemen. Prasetiyo, Ryan Aldi, And Saufan. 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile Jkn Dalam Mengurangi Antrian.” 7(2).

Sapty Rahayu, Flourensia, Robert Apriliyanto, And Yohanes Sigit Purnomo Wuryo Putro. 2018. “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (Sikma) Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean.” Indonesian Journal Of Information Systems 1(1):34–46. Doi: 10.24002/Ijis.V1i1.1704.

Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i1.761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id