Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepatuhan Petugas IGD Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri Level 2

Revi Neini Ikbal, Rebbi Permata Sari, Agung Mulia

Abstract


Angka kejadian Covid-19 yang terus meningkat membawa peralihan pada tatanan kerja terutama pelayanan kesehatan. Observasi yang peneliti lakukan di ruangan IGD RS TK.III Dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2022 pada masa New Normal, bahwasannya banyak petugas IGD yang tidak lengkap dalam penggunaan APD level 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan petugas IGD dalam penggunaan APD level 2 pada masa new normal.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian di laksanakan bulan Februari – Agustus 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas IGD di RS XXX. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini adalah non probably sampling berupa accidental sampling dengan 38 sampel. Data di kumpulkan menggunakan kuesioner kepatuhan, sikap, masa kerja serta lembar observasi kelengkapan APD level 2. Data di analisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Berdasarkan analisis bivariat terdapat hubungan kelengkapan APD level 2 dengan tingkat kepatuhan petugas IGD menunjukkan p-value < 0,05  , terdapat hubungan sikap dengan tingkat kepatuhan petugas IGD menunjukkan p-value (0,023), dan tidak terdapat hubungan masa kerja dengan tingkat kepatuhan petugas IGD menunjukkan p-value (0,324). Dapat disimpulkan variabel yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan petugas IGD yaitu kelengkapan APD level 2 dan sikap, untuk masa kerja tidak terdapat hubungan. Saran dari hasil penelitian ini antara lain meningkatkan pengawasan pada petugas IGD dalam penggunaan APD level 2 yang lengkap dan benar, menyediakan APD level 2 yang lengkap dan memadai.


Keywords


Alat Pelindung Diri, Kepatuhan, Masa kerja, Sikap

Full Text:

PDF

References


Dwi Rahayu, Ratna, Indri Heri Susanti, Amin Susant. "Kepatuhan Pelaksanaan Protokol Pencegahan Corona Virus Disease-19 Pada Tenaga Kesehatan Di Ruang Poliklinik RST Wijayakusuma Purwokerto." 2021.

Gustina. "Hubungan Faktor Individu Dengan Tingkat Kepatuhan Penggunaan Apd Bagi Tenaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 Di Uptd Puskesmas Tanjung Lengkayap Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu." 2021.

Hakim, Khidir, and & Alfina. "Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Tenaga Kesehatan Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Di Era Pandemik Covid-19 Pada Puskesmas Makkasau Makassar Tahun 2020.”." 2021.

Ikbal, Revi Neini, Rebbi Permata Sari, and welly. "Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan APD Dalam Melakukan Tindakan Keperawatan Di RSU Aisyiah Padang." Jurnal Ilmu Kesehatan, 2021.

Janah, Nur, Est, and Eva Diana Sari. "Relationship of Nurse’s Knowledge And Attitude With Compliance the Use of Personal Protection Tools in The Pandemic Period COVID." 2021.

Kanita, Kuntari Safitri &. "Analisis Kepatuhan Perawat Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri Di Masa Pandemi Covid-19 Diruang Rawat Inap RS Dr. Oen Solobaru.”." 2021.

Notoadmodjo, S. "Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta." 2015.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. "Peta Sebaran Covid-19. Https://Covid19.Go.Id/Peta-Sebaran-Covid19.." 2022.

Yanuarti, Febriawati Angraini, and Wati Pratiwi. "Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan 113-124." 2021.

Yogie Prasethya Al Hakim, Mokhamad Arifin. "Tingkat Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit Pada Masa Pandemi COVID-19 ." 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v8i1.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id