PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INTRUCTION (EI) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PADA MATA KULIAH PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) DI PRODI DIII KEBIDANAN STIKES RANAH MINANG PADANG

yanti yanti

Abstract


The Explicit Instruction (EI) type of cooperative learning model is a direct instructional model specifically designed to develop student learning about procedural knowledge and declarative knowledge that can be taught in a step-by-step pattern.This study aims to determine the Effect of Cooperative Learning Model Type Explicit Instruction (EI) on Results Learning courses Family Planning Service Level II students STIKes Ranah Minang Padang.

This research type is experiment.  Population in this research is all student of level II STIKes Ranah Minang Padang with learners amount to 111 student. The sample selection was done by purposive sampling. This research was conducted at STIKes Ranah Minang Padang on 25 May until 07 June 2015.The result of this research is the achievement of experiment class learning result higher than control class. This is evident from the average difference of experimental class posttest is 79,22. And control class 70,90 then obtained t value = 5,636 and t table = 1,994. Because t count 5.636> t table 1.994, then the hypothesis is accepted.The results of this research can be concluded that the implementation of cooperative learning model type EI influences on the learning outcomes in the Family Planning Service (KB).


Model pembelajaran kooperatif tipe Explicit Instruction (EI) adalah model pembelajaran langsung yang dirancang khusus untuk mengembangkan pembelajaran siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dalam pola langkah demi langkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Koperasi Model Pembelajaran Tipe Explicit Instruction (EI) pada Hasil Belajar Kursus Keluarga Berencana Layanan Tingkat II siswa STIKes Ranah Minang Padang.

Tipe penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II STIKEL Ranah Minang Padang dengan jumlah peserta didik sebanyak 111 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di STIKes Ranah Minang Padang pada tanggal 25 Mei sampai dengan 07 Juni 2015. Hasil dari penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini terbukti dari rata-rata perbedaan kelas eksperimen posttest yaitu 79,22. Dan kelas kontrol 70,90 kemudian diperoleh nilai t = 5,636 dan t tabel = 1,994. Karena t hitung 5.636> t tabel 1.994, maka hipotesis tersebut diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe EI berpengaruh terhadap hasil belajar pada Keluarga Berencana (KB).

 



Full Text:

PDF

References


Abdul Bari Saifuddin dkk, 2003. Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi.

Agus, 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Buku Kedokteran EGC.

Dalyono, M. 2010. Pisikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono, 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011.Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar.

Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta

dr. Hartanto Hanafi, 2010. Keluarga berencana dan kontrasepsi. Jakarta: pustaka

Gandarasa, 2014. Penerapan Model Explicit Instruction (EI) Kemampuan Kognitif Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan, diakses tanggal 14 April 2014 jam 19.00 wib

Istarani, 2012. 58 Model Pembelajaran kooperatif. Medan : Media Persada Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Lucky Taufika Yuhedi dkk, 2011. Kependudukan dan Pelayanan KB. Jakarta: Medika.

Nasution, S, 2012. Diktatik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Notoadmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nur Rohmawati, 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Explicit Instruction (EI) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang.diakses pada Tanggal 14 April 2014 pukul 14.00 Wib

Oktari, 2011. Penerapan Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar di SMK N 1 Tilatang Kamang. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2014 Pukul 07.00 Wib

Prodi DIII Kebidanan. Bagian Evaluasi. Padang : STIKes Ranah Minang Padang

Prodi DIII Kebidanan. Garis-garis Besar Program Pengajaran Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Padang. STIKes Ranah Minang Padang

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta :

PT. Raja Gravindo Persada Sinar harapan.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, 2010. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisifatif. Bandung: Falah

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet

Sulistyawati Ari, 2011. Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Suryobroto, 2009. Proses BElajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Premada Group

UU. No 20, 2013. Sistem Pendidikan.

Wawan A, 2011. Pengetahuan Perilaku Manusia. Yogyakarta :Medical Book

Wina, Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online)
P-ISSN : 2580-930X (Cetak)

Publish by AKBID & STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849.
Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : stikes_alifah@yahoo.com


Creative Commons License
This JIK Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.