PROMOSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI LABORATORIUM PADA SISWA DI SMK KIMIA TUNAS HARAPAN JAKARTA TIMUR

Rafiah maharani Pulungan, Bintari Triani

Abstract


Personal Protective Equipment (PPE) is defined as a tool used to protect workers from injury or illness resulting from contact with hazards in the workplace. The purpose of this research is to know the relationship of health and safety promotion (K3) to the knowledge and attitude of compliance of personal protective equipment (PPE) in chemical laboratory at SMK Kimia Tunas Harapan. In this research, the researcher uses purposive sampling technique, with population of 203 students, the sample consists of 100 siswayang willing to be taken from 10th and 11th grade. K3 promotion is divided into two meetings using lecture method. The media used are visual media (poster) and audiovisual (video). The influence of K3 promotion on students' knowledge and attitude was analyzed by Paired sample t-test. The results showed that before the promotion of K3, only 25.0% of students who have good knowledge and 40.0% of students who are positive. After the promotion of K3, there are 95.0% female students who have good knowledge and 56,0% of students who are positive. Based on the results of the study can be concluded that there is a Relationship of  K3 Promotion to the knowledge and attitude of students about the use of PPE in Chemistry Lab of SMK Kimia Tunas Harapan. It is expected that special attention should be paid to students in the provision of PPE which should be provided from the school before the lab in the laboratory.

Alat Pelindung Diri didefinisikan sebagai alat yang digunakan untuk melindungi pekerja dari luka atau penyakit yang diakibatkan oleh adanya kontak dengan bahaya di tempat kerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan promosi keselamatan dan kesehatan kerja dengan pengetahuan dan sikap tentang penggunaan alat pelindung diri di laboratorium kimia di SMK Kimia Tunas Harapan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling, dengan populasi 203 siswa, sampel terdiri dari 100 siswa yang bersedia menjadi responden diambil dari kelas 10 dan 11. Promosi K3 dilakukan dua pertemuan dengan menggunakan metode ceramah. Media yang digunakan adalah media visual (poster) dan audiovisual (video). Hubungan Promosi K3 dengan pengetahuan dan sikap siswa dianalisis dengan uji Paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum Promosi K3 hanya 25,0% siswa yang memiliki pengetahuan baik dan 40,0% siswa yang bersikap positif setelah Promosi K3, ada 95,0% siswa yang memiliki pengetahuan baik dan 56,0% siswa yang bersikap positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada Hubungan Promosi K3 dengan pengetahuan dan sikap siswa tentang penggunaan APD di Laboratorium Kimia SMK Kimia Tunas Harapan. Diharapkan adanya perhatian khusus kepada siswa dalam penyediaan APD yang sebaiknya disediakan dari pihak sekolah sebelum dilakukannya praktikum di laboratorium.


Full Text:

PDF

References


Adisasmoto. 2008. Promosi kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University press.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2005. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bernadetta. 2011. “Pengaruh Penyuluhan Pestisida Terhadap Pengetahuan dan Sikap Petani Jeruk dalam Menyemprot Pestisida Di Desa Serdang Kecamatan Barus jahe Kabupaten Karo” Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara – Medan.

Creswell, W.J. 2012. Education Research. (C. Robb,Ed.) (fourth). Mexico: University of Nebraska-Lincoln

CSB. 2010. Texas Tech University Laboratory Explosion Case Study. Washington DC: U.S. Chemical Safety and Hazard Investigation Board.

Education Bureau. 2007. Report of the Survey on Laboratory Accidents in Secondary schools in 2005/2006.

Enri Damanhuri. 2008. Diklat pengelolaan B3. Jakarta DIKTI.

Fitriani, sinta. (2011). Promosi Kesehatan. Graha ilmu. Yogyakarta.

Indonesia. Dinas Kesehatan Sleman (2012). Pengertian Media Promkes.

Kholid, A. 2012. Promosi kesehatan: dengan pendekatan teori perilaku, media dan aplikasi lainnya untuk mahasiswa dan praktisi kesehatan. Jakarta : Rajawali Press.

Kurniawidjaja, L. Meily. 2010. Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Machfoedz, Ircham dan Suryani, eko. 2007. Pendidikan Kesehatan dan Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya

Maulana, Heri D.J. (2009). Promosi Kesehatan.Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Moran L dan Tina Masciangioli. 2010. Keamanan dan keselamatan laboratorium kimia: panduan pengelolaan bahan kimia dengan bijak. Washington. The National Academi Press.

Muhtaridi. 2011. Keselamatan kerja di laboratorium, makalah dalam pelatihan laboran. Makasar.

Notoatmodjo, Soekidjo .2007. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. RinekaCipta . Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Promosi Kesehatan Dan PerilakuKesehatan. Rineka Cipta. Jakarta

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 03 tahun 2008. Cara Pemberian Simbol dan Label Bahan Berbahaya dan Beracun

Putra, R.Masri Sareb. (2007). Media Cetak Bagaimana Merancang dan Memproduksi. Graha Ilmu. Yogyakarta

Putri, K.D.S. 2014 analisis faktor yang berhubungan dengan kepatuhan menggunaan alat pelindung diri. Jurnal kesehatan masyarakat Universitas Airlangga.

Ramli, Soehatman. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Risiko dalam Perspektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Rika, A. 2009. Manajemen pabrik : pendekatan system untuk efesiensi dan efektifitas.Jakarta : Bumi Aksara.

Rosianisih, Tita, (2013). Ciri-ciri, Syarat, dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster.

Sudrajat, A., 2008. Komponen-komponen Kurikulum. Jakarta

Supariasa, I. D. N., 2012. Pendidikan dan Konsultasi Gizi. Jakarta : EGC




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v1i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id