PENGARUH STORY TELLING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RSUP DR.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2017

Amelia Susanti, hendika safitri

Abstract


Storry telling is a non-pharmacological therapy that aims to make children happy so as to reduce anxiety levels in children. This study aims to determine whether there is influence story telling on the anxiety level of preschool children who underwent hospitalization in Dr.M.DJAMIL Padang Hospital Year 2017.

Type of this research is Quasi experiment  with approaches One group pretest and posttest. The research was conducted  in 16 until 30 august 2017. The population in this study is infinite,  the number of samples in this study were 10  Preschool children who underwent hospitalization at Dr.M.DJAMIL Padang Hospital with various disease. the sampling technique used insidental sampling. Instrument the research using observation sheet (The results of anxiety level measurement).

Before Storry Telling therapy was found as many as 4 people (40%) children experience high levels of anxiety and as many as 6 people (60.0%) of children experience moderate anxiety level. After Storry Telling therapy was found as many as 2 people (20.0%) children experience moderate anxiety level and as many as 8 people (80.0%) of children experience low anxiety levels. There is influence story telling to the level of anxiety of preschool children who undergo hospitalization in Dr.M.DJAMIL Padang Hospital in 2017 (p = 0,007).Can be concluded that the level of anxiety in children can be reduced by doing storry telling therapy. It is recommended that health care workers take care of children to implement story telling therapy in children so as to reduce anxiety levels in children.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  apakah ada pengaruh story telling terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah yang menjalani hospitalisasi di RSUP Dr.M.DJAMIL Padang Tahun 2017.

Jenis penelitian ini menggunakan pra-eksperiment dengan pendekatan one group pretest-posttest Design.  Penelitian  telah dilakukan pada tanggal 16  – 30 Agustus 2017.  Populasi dalam penelitian ini bersifat infinit, jumlah sampel adalah 10 orang anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi di ruang akut dan kronik di RSUP Dr.M.DJAMIL Padang. 40% anak mengalami tingkat kecemasan tinggi, 60.0% anak mengalami tingkat kecemasan sedang. Sesudah terapi   Storry Telling ditemukan 20.0%  anak mengalami tingkat kecemasan sedang dan 80.0%  anak mengalami tingkat kecemasan rendah. Ada pengaruh story telling terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah yang menjalani hospitalisasi di RSUP Dr.M.DJAMIL Padang Tahun 2017 (p = 0,007).

 Dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan pada anak dapat dikurangi dengan melakukan terapi storry telling . Disarankan  kepada petugas kesehatan yang merawat anak untuk menerapkan terapi story telling pada anak sehingga dapat menurunkan tingkat kecemasan pada anak.



Full Text:

PDF

References


Apriany, D. 2013. Hubungan antara hospitalisasi anak dengan tongkat kecemasan orangtua.(http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/download/477/246, diperoleh 11 Maret, 2017)

Apriliawati, Kaluas Inggrith, dkk. 2015. Perbedaan terapi bermain puzzle dan bercerita terhadap kecemasan anak usia prasekolah (3-6 Tahun) selama hospitalisasi di ruang anak RS TK.III.R.W. Mongisidi Manado, 3(2), 2

Edisaputra, S.P.N. 2012. Effect of playing therapy using storry telling technique to anxiety caused by hospitalization in preschool children at menur ward of Dr. Soeradji Tirtonegoro hospital Klaten, halaman 3-5, diperoleh 11 Maret, 2017)

Hawari, D. ( Eds 2), 2013. Manajemen stres cemas dan depresi, Jakarta : Badan Penerbit FKUI

Hendy, Z. 2010. Pembelajaran sastra untuk umum, Jakarta : PT Gramedia

Hidayat, A.A. 2009. Pengantar ilmu keperawatan anak 1, Jakarta: Salemba Medika

Irmawaty Lenny. 2013. Pengaruh storry telling terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di RSUD kota Bekasi 2013. Halaman 2-3, diperoleh 11 Maret, 2017)

Latif, M, dkk. 2014. Orientasi baru pendidikan anak usia dini, Jakarta : Kencana

Mutterings. 2012. Cerita Rakyat, Struktur dan nilai moral serta model pelestariannya. Oleh perpusatakaan Universitas Pendidikan Indonesia. Halaman 13-32, diperoleh 11 Maret, 2017)

Mutiah, D. 2012. Psikologi bermain anak usia dini, Jakarta : Kencana

Mutterings, F. 2012. Storrytelling or how to make people care about anything, Italy : Asisi

NHDS. Saprudin, N. 2016. Efektifitas terapi bermain puzzle dengan mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah di RSUD 45 Kuningan halaman 2, diperoleh 11 Maret, 2017

Nursalam, dkk. 2008. Asuhan keperawatan bayi dan anak, Jakarta : Salemba Medika

Riyadi, S & Sukarmin. 2013 Asuhan keperawatan pada anak, Yogyakarta: Graha Ilmu

Rifka, 2016. Superlengkap koleksi terbaik dongeng dunia, Yogyakarta: Supala Cemerlang

Rupdi Lumbasiantar. 2012. Pengaruh storry telling terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di RSUD kota Bekasi, 2012 halaman 2-5, diperoleh 11 Maret, 2017)

Rosdiana, Y. 2008. Bahasa dan sastra Indonesia di SD, Jakarta: Universitas Terbuka

Safaria, T & Saputra, E.S, 2009. Manajemen emosi, Jakarta: PT Bumi Aksara

Soetjiningsih. 2015. Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC

Sugiyono. 2016. Metode penelitian, Bandung : Alfabeta, cv

Supartini, Y. 2014. Konsep dasar keperawatan anak, Jakarta : Penerbit buku kedokteran EGC

Susenas. Saprudin, N. 2016. Efektifitas terapi bermain puzzle dengan mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah di RSUD 45 Kuningan, halaman 3, diperoleh 11 Maret, 2017)

Triton, PB. 2008. Tips cerdas meengasuh balita, Jakarta : Oryza

Videbeck, L.S. 2008. Buku keperawatan jiwa, Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by AKBID & STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : stikes_alifah@yahoo.com
Creative Commons License
This JIK Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.