EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMK N 5 PADANG

Amelia Susanti, Nita Herlinda

Abstract


ABSTRAK

 

Upaya mengembangkan emosi remaja agar berkembang ke arah kecerdasan emosional dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang kecerdasan emosional yang baik pada remaja melalui pendidikan kesehatan, layanan konseling serta pelatihan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kecerdasan emosional siswa di SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasy experiement one group pretest-posttest dengan kelompok kontrol yang dilaksanakan di SMK N 5 Padang. Pengambilan data dari tanggal 1-10 Maret 2018 dengan jumlah sampel 42 siswa menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menyatakan rerata kecerdasan emosional pada kelompok kontrol pretest 144,48 dan post test 142,95. Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test pada kelompok kontrol.  Pada kelompok intervensi pretest 145,38 dan posttest 151,38. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test pada kelompok intervensi.Hasil uji statistik didapatkan ada perbedaan yang signifikan rerata kecerdasan emosional setelah diberikan intervensi pendidikan kesehatan Diharapkan sekolah khususnya bagian kesiswaan SMK N 5 Padang agar dapat menjadikan kegiatan pendidikan kesehatan tentang kecerdasan emosional siswa ini ke dalam bagian kegiatan UKS SMK N 5 Padang.

 

Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Kecerdasan Emosional, Remaja

 

ABSTRACT

Efforts to develop teenage emotions to develop in the direction of emotional intelligence can be done by providing an understanding of good emotional intelligence in adolescents through health education, counseling services and emotional training. This study aims to determine the effect of health education on the emotional intelligence of students in SMK N 5 Padang. This research type is quantitative with ques experiement one group pretest-posttest design with control group conducted in SMK N 5 Padang. Retrieval of data from March 1-10, 2018 with a sample size of 42 students using questionnaires. It is expected that the school especially part of Student SMK N 5 Padang in order to make health education activities about students' emotional intelligence into the student activities.

 

Keywords : Health Education, Emotional Intelligence, Adolescence


 



Full Text:

PDF

References


Ali & Asrori. 2017. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barry et al. 2013. A Systematic Review of The Effectiveness of Mental Health Promotion Interventions fo Young People in Low and Middle Income Countries. BMC Public Health. http://www.biomedcentral.com/1471-2458/13/835. Diperoleh 17 Februari 2018.

BKKBN. 2016. Jurnal Keluarga Revolusi Mental Membangun Karakter Bangsa dari Ajang Genre 2016. Edisi kedelapan ISSN : 0304-9159.

Catio, Mukhlis. 2013. Peran Pendidikan dalam Mengatasi Masalah Kesehatan Remaja dalam The 2nd Adolescent Health National Symposia: Current Challenges in Management. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/peran-pendidikan-dalam-mengatasi-masalah-kesehatan-remaja. Diperoleh 8 Oktober 2017.

Di Sumbar, Masalah Kenakalan Remaja dan Narkoba Sangat Tinggi oleh Kincai (2016, http://www.portalberitaeditor.com/di-sumbar-masalah-kenakalan-remaja-dan-narkoba-sangat-tinggi/. Diperoleh 5 Oktober 2017).

Fitriani., Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Goleman, Daniel. 2007. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, SD. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.

Hastono, S. P. 2007. Analisis Data Statistik. Depok : FKM Universitas Indonesia.

Hendak Tawuran di By Pass, Puluhan Remaja Diamankan oleh Caniago (2017. http://hariansinggalang.co.id/hendak-tawuran-di-by-pass-puluhan-remaja-diamankan/. Diperoleh 5 Oktober 2017).

Junairi, Asep. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Di SMA N 1 Jati Agung Lampung Selatan TA 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Kristiani, Yunita. 2015. Hubungan Tipe Pola Asuh Orangtua dengan Kecerdasan Emosional Remaja Di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran Prog.D IV Bidan Pendidik (https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/47979/Hubungan-Tipe-Pola-Asuh-Orang-Tua-dengan-Kecerdasan-Emosional-Remaja-di-SMK-Muhammadiyah-1-Surakarta). Diperoleh 12 Maret 2018.

Latifah, Evilailatul. 2010.Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Akhlak Siswa Kelas XI SMA Triguna UtamaTangerang Selatan.Skripsi. Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Jakarta.

Lembaga Demografi FEB UI. 2017. Ringkasan Studi : Prioritaskan Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Menikmati Bonus Demografi. Universitas Indonesia.

Notoatmodjo, Suekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. 2014. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Kementerian Kesehatan RI. ISSN 2442 – 7659.

Pratiwi, Rini Yudhi. 2013. Kesehatan Remaja di Indonesia Buku The2nd Adolescent Health National Symposia: Current Challenges in Management. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kesehatan-remaja-di-indonesia. Diperoleh 14 Februari 2018.

Safaria, T. 2009. Manajemen Emosi : Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta : Bumi Aksara.

Santrock, J. W. 2007. Adolescence Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Sari, Indah Prasetyawati Tri Purnama. 2013. Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses PerubahanPerilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 9 Nomor 2, November 2013.

Susilo. R. 2011. Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta : Muha Medika.

Thaib, Eva Nauli. 2013. Hubungan antara Prestasi Belajar denganKecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah DIKDAKTIKA Februari. Vol XIII, No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33757/jik.v2i2.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIK JURNAL ILMU KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


E-ISSN : 2597-8594 (Online) P-ISSN : 2580-930X (Cetak)
Publish by STIKes Alifah Padang
Jl. Khatib Sulaiman No 52 B Kota Padang. Telp 0751-7059849. Fax 0751-7059849. Website: www.stikesalifah.ac.id
Email : jik@stikesalifah.ac.id